Berani Karena Benar

Keberanian Rasullullah SAW jangan ditanya. Bilamana peperangan sedang dahsyat-dahsyatnya, semua sahabat langsung mendekati dan mengelilingi Rasullullah. Bukan karena mereka ingin melindungi beliau melainkan justru mereka sendiri yang menginginkan perlindungan beliau. Sebab saat itu beliau manusia yang paling tenang, paling berani dan paling tidak pernah takut terhadap apapun yang terjadi. 

Keberanian itu pula yang beliau ajarkan kepada umatnya dimanapun berada. Umar bin Khatab juga menghargai keberanian rakyatnya. Melakukan pembinaan keberanian terhadap anak-anak muslim.


Suatu hari di suatu lorong, sekumpulan anak-anak sedang bermain. Sebagian berlarian. Sebagian lagi bergulingan. Menunjukkan kegembiraan anak-anak yang belum mengenal kesusahan hidup. Hari-harinya adalah bermain dan bermain tanpa henti.


Dari kejauhan anak-anak melihat Khalifah Umar bin Khatab berjalan cepat. Tampangnya gagah dan gerak-geriknya menakutkan. Sudah terkenal kemana-mana kalau khalifah ini galak. Tak pernah kenal kompromi untuk menegakkan kebenaran.


Seketika anak-anak berlarian. Bubar dari bermain-main di jalan. Mereka bersembunyi di tempat yang tidak mungkin kelihatan khalifah. Jalan yang tadinya ramai gelak canda anak-anak berubah menjadi sepi dan sunyi. Hanya tinggal seorang anak di sana berdiri dan masih juga bermain sendiri. Tidak terpengaruh kawan-kawannya yang telah berlarian entah kemana. Mereka takut kepergok Umar bin Khatab. Lari dahulu sebelum kena bentak. 


Abdullah bin Zubair, nama anak itu, tak juga beranjak dari tempatnya meski Umar sudah di dekatnya. "Mengapa kamu tidak lari sebagaimana anak-anak yang lainnya ?" kata Umar.


"Aku bukan orang yang melakukan kejahatan yang membuat aku lari dari Anda. Lagi pula jalan ini tidak sempit, jadi masih cukup luas untuk Anda berjalan," jawabnya tangkas. Umar memuji Allah. Masih ada calon pemimpin umat masa depan yang berani.     

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan cerdas dan bijak, lebih baik diam daripada anda komentar yang tidak bermutu